• Hendri Hariyanto: Author • Business Accelerator • Marketing and SBM Coach

    Selamat datang dan selamat membaca! Segera miliki buku terbaik dari kami! SMS 085729153451 "Buku 7 Steps to Take Action of Your Life karya saudara Hendri Hariyanto lahir atas keinginan penulis utk mengubah masa depannya menjadi jauh lebih beruntung. Dengan menawarkan tujuh langkah menuju kehidupan yang lebih baik, penulis berusaha meyakinkan dan memotivasi pembaca bahwa sesungguhnya dalam diri manusia memiliki potensi untuk mjdi orang sukses." Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. Rektor UNY

  • 7 Steps to Take Action of Your Life.

    "Kesuksesan seseorang dapat di akselerasi dengan DOA dan IKHTIAR yang dasyat. Buku ini mengajarkannya. Iqro! Bacalah dengan hati agar jiwa tergugah, sel-sel dalam tubuh tergetarkan!" — Meita Wulan Sari, Mahasiswa Berprestasi UNY 2013, Penulis buku antologi “MengalirBukan Air : Percikan Spirit Hidup”, Owner Sobat Quran Uniq dan Omah Boneka Aromaterapi. Yang ingin order buku terbaik kami ini: Telpon. 0274-321 4924| Mobile. 085729153451 BB. 7A955535 Whatsapp.085729153451

  • 7 Steps to Take Action of Your Life

    “Jangan bilang anda anak muda yang akan sukses kalau belum baca buku ini” — Febriyo Hadikesuma (Author Be Briliant Series, CEO Digibooks, Public Speaker, Entrepreneur Coach at Pertamina - Chevron, Indonesia Power) www.digibooks.co.id. Yang ingin order buku terbaik kami ini: Telpon. 0274-321 4924| Mobile. 085729153451 BB.7A955535 Whatsapp.085729153451

  • 7 Steps to Take Action of Your Life

    “Muda, Sukses dan Bahagia. Tiga kata yang diidamkan semua orang. Celakanya tiga rahasia ini tidak akan lagi jadi rahasia karena semua langkahnya dikupas tuntas dalam buku ini. Nunggu apalagi? Apa harus nunggu ubanan? Segera baca buku ini!” — Izadian Zaini Fahroji (Hyper Performance Motivator, CEO Izadian Breakthrough Center, Pengusaha dan Penulis Best Seller “Dream Accelerator”) www.izadianofficial.com

  • Hendri Hariyanto: Dream Big, Start Small

    "Dalam menuju terwujudnya tujuan atau impian besar yang telah kita tentukan, perlu adanya sebuah proses. Mulai dari pemikiran awal, perencanaan strategi, tindakan, spirit, komitmen hingga mencapai tujuan tersebut. Untuk proses perubahan yang panjang tersebut, mari kita selalu syukuri bersama hasil yang sudah dicapai sampai sekarang ini. Saya yakin setiap orang mampu melakukan proses tersebut dan akhirnya mampu meraih tujuan ataupun perubahan yang kita inginkan."

  • 7 Steps to Take Action of Your Life

    "Saat ini, saya melihat generasi muda perlu sedini mungkin untuk mengenali dan mengembangkan potensi diri mereka, agar mereka lebih mempunyai semangat hidup yang kuat, imajinasi yang tinggi, kemampuan berinovasi dan akhirnya mampu mandiri. Masa depan diri sangat bergantung pada setiap potensi diri masing-masing individu. Mari menjadi generasi berprestasi, untuk kemajuan bangsa Indonesia! Learn . Success . Share!

Jumat, 25 April 2014

Posted by Unknown
2 comments | 17.55
Hermawan Kartajaya (Pakar Marketing)
 with Hendri Hariyanto (Professional Marketer)
Kamis, 24 April 2014 merupakan hari yang luar biasa bagi para marketer di Jogja. Terlebih bagi saya, yang telah jatuh cinta dan menggeluti dunia marketing lebih dari 5 tahun. Di event ini "Indonesia Marketers Festival" kami banyak belajar dari para pakar marketing.

Ternyata kualitas apik sebuah produk menjadi tak berarti jika tidak memiliki salesperson yang menjadi ujung tombak. Untuk menjadi sales people yang baik, kita harus bisa memahami dan mampu mengimplementasikan strategi penjualan yang tepat. Membuat konsumen merasa WOW! tidak cukup dengan memberi apa, yang menjadi need and want konsumen namun harus sampai pada anxieties (kegelisahan) and desires (hasrat) mereka. Berdasarkan teori yang dikembangkan oleh Pak Hermawan dan MarkPlus. Inc ada empat stretegi yang dapat dipakai sales person yang dikenal dengan akronim STAR.

Pertama, (S)atukan ucapan dengan perbuatan.  Seorang sales person tidak boleh membohongi apalagi memperdaya konsumen. Hubungan yang tercipta harus berlandaskan kejujuran dan rasa saling percaya. Nah, jika ternyata ada salesperson yang terbukti selalu menepati janji yang ia berikan, inilah yang membuat pelanggan sangat terkesan. Kalau KPK bilang "Jujur itu Hebat!" maka kami percaya bahwa "Salespeople yang jujur itu WOW!"

Kedua, (T)ambahkan kejutan bagi pelanggan.  Jika pelangan sebenarnya hanya mengharapkan sebuah senyuman dari seorang sales counter, namun yang ia dapat justru senyuman tulus pus bantuan untuk membawakan barang belanjaannya hingga ke lokasi parkir kendaraan, hampir pasti WOW! yang ia ucapkan.

Ketiga, (A)jari konsumen untuk tumbuh. Salesperson harus bisa get, keep and grow bersama pelanggan. Bukan hanya sekedar menjual, namun juga menjadi konsultan. Contohnya, Bank BNI yang tidak hanya menjual kredit, bagi usaha UMKM, namun juga menjadi konsultan bagi mereka dalam mengembangkan bisnis. Dari situlah Bank BNI tumbuh seiring pertumbuhan konsumennya.

Terakhir, (R)awat pertemanan untuk jualan. Ketika Salesperson bisa menjadikan pelanggan sebagai teman, ia bisa menggunakan jaringannya untuk jualan. Selama ini hubungan yang terjalin adalah hubungan transaksional. namun ketika huungan tersebut bisa naik kelas menjadi friendship, aktivitas jualan bisa lebih mudah karena pelanggan bisa menjadi tangan mereka. Beberapa hal praktis yang bisa dilakukan, misalnya mengingat hal-hal personal tentang pelangan ataupun menyapa mereka baik secara media atau langsung meski tak lagi ada hubungan jual beli. Contoh kasus ini adalah Joe Girard yang bisa menjual enam mobil dalam sehari. Ia berhasil menjalin, menjaga, serta meningkatkan hubungannyadengan pelanggan tidak sebatas transaksional. Saat itu, ia selalu menyempatkan menulis surat pribadi kepada para pelanggannya.

Inilah Marketing 3.0!!! Yang bukan sekedar jualan produk dan mengangap produknya terbaik (baca: marketing 1.0) bukan sekedar pelanggan merasa puas saja (baca: marketing 2.0) tapi membuat pelanggan ternganga seraya berucap WOW! dan akan mengelindingakan bola-bola salju keberuntungan berupa rekomendasi ke orang-orang sekitar.  (baca: marketing 3.0) Namun menciptakan WOW! bukan perkara mudah. WOW! adalah ekspresi yang melebihi kodisi saat pelanggan manggut-manggut seraya berujar "OK" atau tersenyum-senyum simpul seraya bilang "AHA". WOW! akan tercipta saat seorang pelanggan punya ekspektasi tertentu, lalau mendapatkan sesuatu yang melampaui ekspektasinya tadi. WOW! itu mengejutkan!
Siapkah Kita semua menjadi Sales STAR? 

2 komentar:

  1. Mas aku lagi ada tugas membuat summary dari Seminar ini.
    apa mas punya reperensi materinya??
    #urgent

    BalasHapus
  2. Ya sebatas ini aja sob. Atau kalau mau diskusi via WA 085729153451.

    Best,

    Hendri Hariyanto

    BalasHapus